Tuesday 3 February 2015

Pertamina Mengaku Belum Tahu Akan Kelola Blok Mahakam Atau Tidak

Dwi Soetjipto
Setelah berbagai kabar dan rumor tentang kepastian nasib Blok Mahakam, akhirnya pemerintah sudah memutuskan bahwa Blok Mahakam akan diberikan kepada Pertamina. Namun anehnya malah Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soejipto, mengaku belum tahu apakah pihaknya akan menggarap Blok Mahakam atau tidak!

Dia mengaku bahwa saat ini perseroan masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait penunjukan tugas untuk eksplorasi blok di wilayah Kalimantan Timur tersebut.

Kendati belum ada penunjukan, Pertamina mengaku sudah mempersiapkan 12 chapter proposal perencanaan eksplorasi Blok Mahakam. Akhir Februari ini, rencananya skema bisnis Blok Mahakam akan diserahkan Pertamina kepada pemerintah.

Apabila jadinya Pertamina ditunjuk untuk mengelola Blok Mahakam sudah pasti akan mengajak pemerintah daerah yang terkait. Namun Dwi belum tahu apakah Pertamina sendiri yang akan menggarap Blok Mahakam, atau harus mengajak perusahaan migas lainnya.

Loh loh loh aneh sekali ini ya. Perasaan baru saja kemarin ada gembar gembor di berita bahwa Blok Mahakam akan diberikan kepada Pertamina, kok sekarang tiba-tiba Pertamina bilang masih menunggu kabar dari pemerintah?? Jadi ada apa ini sebenarnya. Apakah karena Pertamina belum menemukan dana untuk mengelola Blok Mahakam jadi dianggap belum bisa diberikan untuk Pertamina?

Memang solusi terbaik sebenarnya adalah memberikan Blok Mahakam kepada Pertamina bersama dengan Total E&P karena jelas Total punya dana dan skill serta teknologi yang diperlukan.

Apalagi mengingat Indonesia sudah berada di ambang krisis energi seperti ini. Akan sangat disayangkan apabila produksi minyak menurun hanya karena Pertamina yang kurang handal dalam mengelola Blok Mahakam.

No comments:

Post a Comment