Tuesday 21 October 2014

Bos Total Meninggal Karena Kecelakaan di Rusia

Christophe de Margerie
Industri minyak dunia tergoncang! Bagaimana tidak, Chairman dan CEO Total SA, Christophe de Margerie meninggal pada pukul 22.00 tanggal 20 Oktober 2014 waktu Paris, atau pukul 03.00 WIB tanggal 21 Oktober 2014. Jajaran Total E&P Indonesie berduka atas kejadian tersebut.

Christophe de Margerie meninggal seketika ketika jet pribadi yang ditumpanginya jatuh di Bandar Udara Vnukovo, Moskow, Rusia, dan langsung menabrak kendaraan pembersih salju. Kecelakaan itu memakan empat nyawa yakni tiga kru pesawat serta Christophe de Margerie.

Ternyata, sopir kendaraan penyapu salju itu sedang mabuk ketika membawa pesawat tersebut. Hal ini terungkap dari hasil investigasi dari sejumah penyidik di Rusia. "Telah diketahui, sopir kendaraan penyapu salju dalam status mabuk," demikian keterangan dari unit investigasi Rusia. Ini mengkonfirmasi teori yang berkembang sebelumnya, yaitu terkait adanya human error dari pilot pesawat tersebut, yang menimbulkan kecelakaan mematikan itu.

"Kami kehilangan seorang pemimpin di industri minyak dan gas yang visioner, seorang pemimpin besar di Total, seorang tokoh luar biasa yang kaya akan semangat kemanusiaan dan memiliki rasa humor yang tinggi," ujar Presiden Direktur dan General Manager, Total E&P Indonesie Hardy Pramono.

Hardy mewakili seluruh keluarga besar Total E&P Indonesie mengucapkan bela sungkawa kepada istri, anak-anak, dan seluruh keluarga Christophe de Margerie yang ditinggalkan, serta keluarga ketiga korban lainnya.

"Kami juga kehilangan seorang sahabat bagi Indonesia, yang selalu berusaha memelihara dan mengembangkan berbagai kegiatan Total bagi kebaikan bangsa dan negara Indonesia," ungkapnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga kaget dengan tewasnya de Margerie karena kecelakaan di wilayahnya tersebut. Menurut Putin, de Margerie merupakan salah satu sahabat Rusia.

Putin juga memuji de Margerie sebagai pengusaha hebat dari Prancis yang telah melahirkan banyak proyek besar, dan telah berhasil mempererat hubungan bisnis Prancis dengan Rusia di sektor energi.
Putin mengaku bahwa dia telah lama mengenal de Margerie. Putin juga telah mengetahui kualitas bisnis dan konsistensi de Margerie selama ini dalam mengembangkan hubungan bilateral, Rusia-Prancis.


No comments:

Post a Comment