Wednesday 22 April 2015

Akhirnya Petral Dibubarkan Juga!

Petral
Akhirnya ada kabar bagus yang datang dari Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto. Butuh waktu hingga lima bulan untuk bisa membubarkan Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Sebelum dibubarkan, Petral sudah dipangkas tugas dan fungsinya.

Sejak awal tahun, fungsi impor BBM dan minyak sudah tidak lagi dilakukan oleh Petral. Fungsi tersebut diambil alih Pertamina langsung melalui Integrated Supply Chain (ISC).

"Sekarang rencananya kita bubarkan saja. Lalu kemudian asetnya diambil alih Pertamina langsung, tentu diutilisasikan sesuai peran yang optimum bagi aset tersebut," terang Dwi.

Rencana pembubaran Petral ini telah dilaporkan Dwi kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno. Rini sendiri memberi sinyal menyetujui pembubaran Petral, karena sekarang fungsinya sudah tidak seperti dulu lagi.

Petral yang sekarang menjalani trading atau perdagangan minyak di Singapura, akan digantikan pernanannya oleh Pertamina Energy Service (PES). Dwi mengatakan, pergantian peran petral kepada PES bukanlah ganti baju.

"Kita kan nggak cerita baju-bajuan, kita kan ceritanya manfaat untuk perusahaan yang paling optimum," kata Dwi.

"Kita kan memang sekarang ini, Pertamina melakukan restrukturisasi, baik organisasi maupun bisnis, sehingga Pertamina bisa menjadi perusahaan kelas dunia, arahnya kan seperti itu. Jadi mana-mana proses bisnis yang kurang efektif kita potong sehingga lebih efisien. Dengan begitu, maka kita lihat bahwa barangkali posisi Petral perlu dikaji lagi ke Kementerian ESDM," jelas Dwi.

PES, selama ini merupakan aset dari Petral sendiri. Kegiatan PES adalah melakukan perdagangan minyak secara internasional. Perusahaan ini berdomisili di Singapura dan Hong Kong.

Sebenarnya kita semua sudah tahu dan sudah menduga bahwa cepat atau lambat Petral harus dibubarkan karena saking banyaknya ketidakberesan. Bagus juga bahwa direktur Pertamina yang baru akhirnya bisa mengeksekusi itu.

Ini hanyalah langkah awal bagi Pertamina untuk menjadi lebih baik. Kebobrokan Pertamina yang banyak seperti korupsi dan birokrasi yang bertele-tele selama ini menjadi penghalang Pertamina menjadi bagus.


Ayo dukung Pertamina untuk menjadi lebih maju lagi!

No comments:

Post a Comment