Thursday 27 November 2014

Nama Direktur Utama Pertamina Akan Segera Diumumkan

Pertamina
Berbagai posisi strategis di pemerintah sudah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun ada satu yang masih belum terpilih juga padahal sangat strategis, yakni posisi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero). Saat ini pemerintah sedang melakukan seleksi untuk posisi tersebut. Awalnya ada 7 nama calon kuat, dan kini sudah mengerucut menjadi 3 nama.

"Ada 3 nama," ujar Rini Soemarno, Menteri BUMN.

Sekarang ini nama-nama tersebut sudah diserahkan kepada Tim Penilai Akhir (TPA). Untuk proses pemilihan kepala baru Pertamina, pemerintah menggandeng pihak eksternal yaitu PT Daya Dimensi Indonesia (DDI).

"Proses bukan hanya di DDI, tapi ada di PPM. Sekarang sudah diproses di TPA. Tunggu saja," pungkas Rini.

Tetapi Rini tidak bersedia menyebutkan 3 nama calon bos baru Pertamina. Rini juga tidak menjawab ketika ditanya apakah 3 nama ini dari internal Pertamina atau bukan.

Pernah ditegaskan pula bahwa proses pemilihan Dirut Pertamina dilakukan secara profesional. Proses yang ditempuh juga sudah sesuai koridor.

"Pokoknya kita bekerja sebaik mungkin. Yang ingin kita lakukan adalah kita mempunyai niat yang terbaik untuk bangsa. Bisa meyakini kalau kita melakukannya secara profesional, sudah melakukan assessment process yang memang sudah ditentukan oleh pemerintah," jelasnya.

Proses seleksi secara profesional ini bertujuan untuk mendapatkan orang terbaik yang bisa memimpin Pertamina. "Kita insya Allah mendapatkan orang yang terbaik. Tujuannya itu tidak lain dan tidak ada bukan," tukas Rini.

Pemerintah menutup rapat-rapat dan tak mau membocorkan ke publik nama 3 calon tersebut. Baik Menteri BUMN Rini Soemarno atau pun Menteri ESDM Sudirman Said tidak mau membocorkan perihal nama-nama tersebut.

"Itu ke Pak Sudirman," ujar Rini.

"Lho, itu ke Bu Rini," ucap Sudirman.

Meskipun tidak mau membocorkan nama-namanya, namun mereka berdua berani meengaskan bahwa pengumuman nama calon yang dipilih untuk menduduki posisi teratas Pertamina akan dilakukan segera.


Sebenarnya sayang juga nama-nama tersebut tidak dibuka ke publik. Padahal kan publik juga berhak untuk mengawasi. Untuk menjadi Dirut Pertamina benar-benar dibutuhkan sosok yang bersih karena Pertamina banyak korupsi serta harus karakter yang kuat karena Pertamina banyak mafianya.

No comments:

Post a Comment