Wednesday 3 September 2014

Menteri ESDM Indonesia Menjadi Tersangka Korupsi!

Jero Wacik Ditangkap KPK
Indonesia digemparkan lagi dengan aksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)! Setelah Andi Mallarangeng dan Suryadharma Ali, kali ini KPK menetapkan menteri di kabinet SBY Jero Wacik sebagai tersangka. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut diduga melakukan tindak pidana korupsi terkait dengan pengadaan proyek di Kementerian ESDM pada 2011-2013.

"Bahwa sudah dikeluarkan surat perintah penyidikan per tanggal 2 September 2014, peningkatan status menjadi penyidikan atas nama tersangka JW dari Kementerian ESDM," kata Zulkarnaen.

"Pertama, pasca menjadi menteri di Kementerian ESDM, diperlukan dana untuk operasional menteri yang lebih besar. Untuk mendapatkan dana lebih besar daripada dianggarkan, dimintalah beberapa hal di orang kementerian itu, agar dana operasional itu bisa jauh lebih besar. Misalnya juga pengumpulan dari dana-dana rekanan," jelas Zulkarnaen.

Selepas dimintai keterangan KPK beberapa saat lalu, Jero mengaku ditanyai seputar dana operasional menteri (DOM). Masalah DOM di Kementerian ESDM ini menjadi salah satu fokus penyelidikan KPK. Diduga bahwa terdapat penyalahgunaan DOM di Kementerian ESDM.

Sementara itu, Jero mengatakan bahwa DOM tersebut anggarannya sudah ditetapkan dalam APBN melalui surat keputusan Menteri Keuangan. Namun Jero tidak mau menyebutkan berapa jumlah DOM yang diterima di tiap-tiap kementerian.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan bahwa Jero Wacik diduga menyalahgunakan wewenang sebagai menteri untuk memperoleh uang lebih banyak. "Sebagai contoh pendapatan dari kegiatan pengadaan, pengumpulan dana-dana terhadap program tertentu atau misalnya dilakukan rapat-rapat yang sebagian adalah rapat-rapat fiktif," kata Bambang.

"Tentu kami turut bersedih dengan kejadian ini, dan ini sudah masuk ke ranah hukum, ya kita ikuti prosesnya. Dan kami sangat-sangat dekat dengan Pak Wacik ini, jadi merasa sedih lah ya, sesuatu ujian bagi kita semua bukan hanya beliau tapi ESDM juga. Dia selalu menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak pernah marah terhadap anak buah," ucap Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM R. Sukhyar.


Namun sampai saat ini belum ada keputusan resmi dari ESDM ataupun presiden mengenai posisi Jero Wacik di kabinet SBY. Kemungkinan besar slot Menteri ESDM akan dibiarkan kosong karena sudah berada di penghujung pemerintahan SBY. Pertanyaannya, siapakah yang akan pantas dan bersih untuk menjabat sebagai Menteri ESDM di pemerintahan Jokowi-JK mendatang?

No comments:

Post a Comment